Makalah Komunikasi Data

Diposting oleh Unknown Senin, 10 Oktober 2016















-Anggota Kelompok-
Erick Candra
M.Rizky Al Rachman
Rizky Dwiki F.R
M.Yuand Adhi P


Jurusan XI TKJ SMKN 1 SAMARINDA
2016




BAB 1

PENDAHULUAN

            A. Latar Belakang

Proses komunikasi pada jaringan teleponProses komunikasi pada jaringan telepon sebenarnya sangat simple cuma memerlukan beberapa perangkat saja , pada pemikiran anda mungkin komunikasi tersebut sangat rumit dan sulit namun faktanya komunikasi ini sangatlah mudah, berikut prosesnya

Pertama telepon 1 akan mengirimkan pesan kepada telepon 2 , lalu di proses oleh BTS , bts yaitu peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara telepon pengguna dan telepon seluler,setelah itu BTS menyampaikan pesan ke BSC . BSC adalah peralatan untuk mengontol BTS (Base Transceiver Station). BSC itu seperti otak/commander dari BTS-BTS itu . setelah itu BSC menyampaikan pesan pada MSC , MSC yaitu Mobile Switching Center merupakan pusat dari GSM system, pusat informasi, pusat pertukaran data,dan  pusat pengamanan data. Setelah itu MSC mengirimkan pesan tersebut kepada SMSC , SMSC atau sms center merupakan program yang memiliki fungsi utama untuk mengatur distribusi data dan informasi dengan format dan penulisan tertentu agar bisa mengeluarkan output dan keluar informatif sesuai dengan kategorinya. SMSC adalah proses terakhir dalam menstramisikan pesan tersebut. Setelah itu pesan di kembalikan ke MSC,BSC dan BTS untuk di sampaikan ke receiver yaitu telepon 2.

            B. Rumusan Masalah

  1.  Bagaimana proses terjadinya Komunikasi Telepon Seluler dan Telepon kabel
  2. Apa saja Perangkat pada komunikasi  jaringan telepon
  3. Apa perbedaan Telepon seluler dan kabel4. Kelebihan dan            kekurangan telepon kabel dan telepon seluler

C. Tujuan Penelitian

 Adapun tujuan penulis, adalah sebagai berikut:

  1.      1. Mengumpulkan fakta, data, dan informasi yang lengkap dan objektif (data empiric) tentang Proses komunikasi pada jaringan telepon kabel dan seluler
  2. 2.      Mengkaji sejauh mana perbedaan penggunaan telepon dan telepon seluler dalam kehidupan bermasyarakat.

D. Metodologi Penelitian

 Metodologi yang dipergunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah metode pustaka, yaitu dengan mengkaji proses komunikasi pada jaringan kabel dan seluler dari internet ( e-library). 

BAB 2

PEMBAHASAN

A. Jaringan telepon kabel

Cara Kerja Jaringan Telepon KabelTelepon kabel menggunakan sistem wireline.  Sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi .Cara kerja telepon kabel antara lain :Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphoneMicrophone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat teleponSinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomomunikasiDari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerimaSetelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker 

B . Jaringan telepon seluler (nirkabel)

Cara Kerja Jaringan Telepon SelulerTelepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Cara kerja telepon seluler wireless antara lain :Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphoneMicrophone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh ponsel ke bts terdekatSinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasiDari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerimaSetelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

Perangkat Dari Komunikasi Dalam Jaringan Telepon


a)      BTS yaitu peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara telepon pengguna telepoin seluler
b)      BSC Dari namanya (Base Station Controller), BSC adalah peralatan untuk mengontol BTS (Base Transceiver Station). BSC itu seperti otak/commander dari BTS-BTS, tanpa BSC, BTS-BTS itu tidak dapat di gunakan untuk memproses data
c)      Mobile Switching Center, biasa disingkat MSC, merupakan pusat dari GSM system, pusat informasi, pusat pertukaran data, pusat pengamanan, dan pusat segala-galanya. Kalo sebuah MSC down, maka seluruh area yg tercover oleh MSC itu tidak akan bisa melakukan panggilan atau pertukaran data.
d)     SMSC atau sms center merupakan program yang memiliki fungsi utama untuk mengatur distribusi data dan informasi dengan format dan penulisan tertentu agar bisa mengeluarkan output dan keluar informatif sesuai dengan kategorinya
 

Perbedaan Telepon seluler dan kabel

Telepon selular adalah alat elektronik untuk sebuah perlengkapan yang membuat panggilan telepon selular di daerah geografis yang luas dan enak dibawa kemana mana. Berbeda dari telepon  kabel yang hanya menawarkan layanan telepon dalam jangkauan terbatas, misalnya di dalam rumah atau kantor. 
Kelebihan Telepon kabel

      a)      Tarif Tarif telepon lebih murah
b)      Kualitas suara Kualitas suara lebih jernih, tidak terputus-putus karena tidak tergantung sinyal
c)      Jangka waktu pemakaian Jangka waktu pemakaian telepon lebih lama/awet. Hal ini karena telepon tidak mengalami gangguan berupa virus, tidak memerlukan perawatan khusus.

             Kekurangan Telepon kabel

a)      Tidak praktis/efisien Telepon terikat pada kabel sehingga tidak dapat dibawa kemana-mana
b)       Kenyamanan Telepon biasanya digunakan tidak secara personal sehingga tidak efektif bila ingin menggunakannya
c)      Fungsi  Fungsi telepon hanya untuk menelepon, tidak memiliki fitur-fitur yang menarik seperti halnya telepon seluler

Kelebihan Handphone

  •  Handphone mempunyai banyak kelebihan yang bisa membantu kegiatan keseharian manusia pada umumnya, diantaranya yaitu:
  • Bisa dibawa kemana-mana (portable)
  •  Tanpa menggunakan kabel seperti telepon pada umumnya (nirkabel)
  • Handphone generasi sekarang bisa dimasukkan berbagai macam fitur yang awalnya dengan menggunakan alat lain, seperti kamera, MP3, MP4, web, java, dll.
  • Dengan sistem pulsa biayanya relatif murah jika dibandingkan dengan telepon pada umumnya.
  • Inovasinya terus berkembang lebih baik dan lebih modern hingga saat ini.
  •  Dll.

                        Kekurangan Handphone

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti halnya handphone juga memiliki beberapa kekurangan baik dari segi ekonomi, keamanan, dan dari segi kesehatan. Secara garis besar kekurangan darihandphone  mengarah  pada bahaya kesehatan karena banyak sekali dampak-dampak yang ditimbulkan sebagai akibat dari radiasi gelombang elektromagnetik dari ponsel.


Bab 3

Penutup

Kesimpulan        

Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “ProsesKomunikasi pada jaringan telepon kabel dan seluler” penulis menyimpulkan bahwa telepon seluler lebih nyaman dikarenakan selain enak dibawa kemana mana telepon seluler jaringan nya bisa dimana mana dibandingkan telepon kabel yang hanya di rumah saja.

 Saran

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentunga dapat di pertanggung jawabkan. Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah. 




Daftar Pustaka


PDF PERBEDAAN TELEPON DAN TELEPON SELULER

https://electricalengineerr.wordpress.com/2014/07/06/kelebihan-handphone-dan-efek-samping-pemakaian-handphone/

0 komentar

Posting Komentar